Selasa, 25 Desember 2012

Busy Days Before Year End

Kangen sama blog satu ini. Udah beberapa hari nggak ditengok. 

Karena koneksi internet yang di SALE habis-habisan akhir tahun sepertinya bermasalah. Jadi saya tidak bisa menulis hal-hal baru bahkan sekedar untuk nge-cek lowongan kerja baru. But It's OK. I have jobs which made me very busy this weekend!

Akhir pekan ini saya menghabiskan  waktu di perkemahan Pramuka Sibolangit. No, I'm not a scout girl *but i wish  i am one of those funny boy scouts in Moonrise Kingdom*, saya datang kesana dalam misi lain. Menjadi seorang pembicara untuk sebuah acara Latihan Dasar Kepemimpinan. This event called LDK held by Ikatan Mahasiswa Imam Bonjol (IMIB) - Universitas Sumatera Utara. Terima kasih kepada panitia yang beratruh atas nama saya, haha, karena ini pertama kalinya saya jadi pembicara mengenai public speaking. So, saya adalah orang yang tisur di sebuah villa berlantai semen dengan alas selembar karpet tipis dan nyaris mati kedinginan karena betapa bodohnya saya unpacked  selimut di saat-saat terakhir, hiks.

Ok, saya berlebihan. Udara disana memang dingin dan kami tidak tinggal di villa berfasilitas full furniture termasuk TV kabel. 

Pengalaman pertama berdiri di depan dua puluh orang fresh man of college membuat saya cukup excited sebenarnya. Sebelumnya saya tidak pernah tampil seformal itu *kecuali saat mendadak menjadi MC untuk acara pembukaan Bunkasai USU 2011 dimana para petinggi Akademik dan Konsulat Jenderal Jepang di Medan turut hadir*, jadi saya beberapa kali merasa mulas di perut. Jujur, saya tidak punya basic ilmu komunikasi. Yang saya punya adalah kepercayaan diri super tinggi dan saya suka bicara. Saya belakangan selalu memperingatkan para sahabat untuk memaklumi pembicaraan saya setelah saya kekenyangan karena makan. Having foods make keep talking until the next meal. Bermodal perut kenyang, cuaca cerah, materi dan beberapa point menarik dari internet serta pilek reda saya tampil perdana berbicara ilmu berbicara.

Semuanya berjalan cukup lancar, hanya saja ada peserta yang BBM-an selagi saya berbicara didepannya dan saya hanya mendapat dua pertanyaan dan setelah itu kami memainkan games menyenangkan. Bagi saya its OK. Berbicara itu masalah kemauan. =D . Ngomong-ngomong soal games, saya mengkreasikan games menyambungkata a la Jepang Shiritori menjadi game yang memaksa para peserta berpikir ekstra cepat dan bebricara dengan sebuah topik di depan umum. Inti gamenya sederhana, para peserta sambung menyambung kata dengan menggunakan suku kata terakhir dari peserta sebelumnya seperti ini: advokaSI  ---> SIneMA ---> MAtahaRI ---> RIsaU ---> UtaRA ---> RAsiO ---> and so on. Jika ada peserta tidak dapat menyambung kata berikutnya, maka ia akan mendapat hukuman. Hukumannya adalah mereka harus maju ke depan untuk berbicara selama 30 detik dengan tema kata yang diucapkan  oleh peserta sebelumnya. Contoh, jika peserta selanjutnya tidak dapat melanjutkan 'RASIO' maka ia harus berbicara mengenai apa itu rasio di hadapan peserta lainnya. Game ini cukup menyenangkan dan menghidupkan suasana. Dan saya curiga ini bagian terbaik dari keseluruhan presentasi saya hari itu. Hahaha.

berbicara soal penampilan di depan orang banyak, sebenarnya beberapa hari sebelumnya juga saya harus berbicara di hadapan sekitar 40 orang anak SMA dalam rangka pemotretan untuk buku tahunan mereka. Seperti tahun sebelumnya, tahun ini pun kami mendapat klien dari siswa dan siswi SMA St Thomas. Dan masih sama seperti tahun sebelumnya, mereka juga anak-anak yang ramah dan ribut ! hahaha. But I like them so much and enjoyed the time

Mengarahkan 40 remaja yang masih ABG banget dan berumur 7 tahun lebih muda dari pada saya sungguh challenging. Selain balita, remaja adalah tipikal anggota masyarakat yang tidak mempedulikan norma hening dalam kehidupan sehari-hari. Mereka akan berbicara dan tertawa selagi mereka tidak lapar. Mereka juga tidak akan mudah dikumpulkan untuk berbaris dalam 5 detik. Masing-masing punya urusan maha urgent untuk membentuk poni atau memulas eye shadow. =)

Tapi pemotretan pasti tetap berjalan. Dan harus ada yang menjadi kORLAP ! its ME! Ya Hear What I Say to Ya ... 


Pemotretan berlangsung selama dua hari. Satu hari di arena perkemahan pramuka (lagi) tapi di Djohor dan satu lagi di Villa Berastagi Indah. Tiak butuh waktu lama untuk keduanya selesai tepat waktu, mereka sangat kooperatif. Hari pertama saya pulang agak lapar dan hari kedua saya demam (Bagaimana nggak demam kalau hujan nggak berhenti mengguyur Areal Berastagi?).

By the way, walo MUI bilang saying Merry Christmas haram, saya akan tetap mengatakannya. Karena saya berbisnis jasa Pre-Wedding yang di fatwa haram juga. Terlanjur kecebur, ya sekalian deh kekeke *Kidding* 

Kurisumasu Omedetou Gozaimasu dan Happy New Year untuk yang merayakan ^^/ *I spend whole Cristmas nite sleep tight and for the new year i think i will  do the same thing, SLEEPING*

Me With one of the St Thomas  student ^^/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar